Vow of Death

Hoho… pertama liat cover film ini saya nyangkanya setting yang dipake bertempat di atas kapal bajak laut. poster4bHantu perompak gitu dikiranya. Abis sekilas kaya di atas kapal aja. Ternyata, meleset jauh dari dugaan. Beda banget! Hehe.. Emang tentang hantu-hantuan. Tapi isinya nggak nyeremin kaya film horor Thailand kebanyakan. Ceritanya ada empat sekawan yang rada oon di sekolah dan akhirnya menghalalkan cara yang nggak bener, which is ngikutin kepercayaan masyarakat setempat buat meminta pertolongan ke dewa yang bersemayam di Banyam tree, pohon semacem beringin (iya kali..!) yang gedeee banget. Konon, setelah kita memohon bantuan ke dewa Banyan, nanti apa pun yang diminta bakalan dikabulin. Nah, sebagai imbalannya setelah permintaan dikabulkan, si pemohon alias penyembah itu harus ngasih apa yang mereka janjiin ke dewa Banyan, sebagai tanda bersyukur. Akhirnya Ake, Whan, Don, sama Moe berhasil lulus ujian. Begitu juga dengan Kwai, teman baru yang mereka kenal saat melakukan pemujaan, yang mendadak sukses memenangkan lotre. Tapi begonya mereka semua itu lupa sama janji mereka, buat bikin pemujaan tanda terima kasih. Mulai deh, dateng teror-teror (yang sebenernya nggak terlalu nyeremin, tapi beneran! Audionya bagus, berhasil bikin kaget-kaget gituuu…). Dewa Banyan yang ternyata wujudnya adalah sosok Jenderal perang masa lampau itu muncul untuk menagih janji mereka. Sayangnya, di saat mereka inget untuk mengucapkan terima kasih, pohon gede itu udah ditebang. Jadinya merek harus mencari kayu pohon tersebut untuk menghapuskan teror hantu sang jenderal. Nggak ada tragedi bunuh-bunuhan sampe ada tokoh yang mati. Terornya dibikin perlahan. Ternyata ada dua hantu yang ada di film ini, si jenderal perang, dan satu lagi hantu penari tradisional Thailand.

Kata saya sih, film ini lumayan lah buat menghibur. Ada sedikit napas segar buat genre horor, soalnya disamping ada tegang-kaget-dan rada serem, ada juga sisipan komedi yang lumayan bikin saya cekikikan. Karakter Kwai di film ini beneran diciptain buat bikin kelucuan di tengah ketakutan. Ada beberapa scene yang emang gitu deh.. Lucu bin serem. Contohnya aja pas adegan Kwai ngojekin cewek malem-malem ke pasar, eh ternyata itu hantu penari. Situasinya beneran bodor. Belom lagi pas adegan Kwai ditinggalin anak-anak lain sewaktu mereka tidur, yang akhirnya harus berjuang mati-matian biar nggak diganggu si penari.

Di ujung baru saya ngerti apa sih yang diinginin sama si jenderal dari si empat sekawan itu. Dan saya pun berkata, OOOOh… gitu! Ada pesan moral yang klasik banget, tapi emang penting buat kita inget. Pasti kalian pun bakalan setuju. Overall bagus lah, ada muatan pendidikan moralnya juga. Hehe…  Sayangnya, nggak diceritain si penari itu akhirnya gimana. Mukanya cantik loh, kayanya pernah jadi bintang iklan Pond’s deh… hehe.. Cerita film ini yang horor komedi nggak bisa disamain loh sama Scary Movie. Saya tekankan, film ini lebih berbobot dann lebih saya rekomendasikan, seiring (cieh…seiring bahasanya) dengan ceritanya yang emang asli, bukan plesetan.

Kesimpulannya, film ini lumayan kok buat ditonton. Seperti saya bilang, kamu yang pengen banget nemuin unsur horor dan komedi dianjurkan buat masukin film ini di daftar film yang harus ditonton. Sayang, kalo mau ditandingin keseremannya sama Shutter atau Alone, film ini masih kalah. Tapi untuk ketegangan dan sisi lucunya, boleh dicoba.

2 thoughts on “Vow of Death

  1. oppa, alone yang dibikin thailand katanya ada remake koreanya.. gimana? rame gak?? lbih bagus dari aslinya deh kayanya.. hehe

    review dong! meskipun aku takutan dan nggak bakalan mungkin nonton, seenggaknya aku bisa tau cerita dari orang yang udah nonton.. ok?

Leave a comment