Kuliner Yuk!!!

 

Beginilah rasanya kalau kangen. Pasti pengen berbuat sesuatu biar nggak kangen lagi. Ahaha! Selain kangen sama seseorang (^^,), saya juga lagi kangen sama rutinitas saya mencari penganan enak di seantero Bandung dan sekitarnya. Selain jarang ada waktu gara-gara kuliah dan rutinitas lain, faktor temen wisata kulinernya juga kan udah nggak lengkap lagi. Alm. Ayah kan yang biasanya ngajakin kuliner ke sana sini. Hebatnya nggak tau dari mana tuh oori appa bisa tau tempat jajanan enak. Ahaha! Meskipun nggak semuanya sempet belom saya rasain, tapi seenggaknya ada beberapa yang udah saya cobain dan rasanya enak. Saya bagi-bagi dikit ah.. tempat-tempat yang saya sempet datengin. Ehehe!

Bubur SM Spot Tapi sebelum itu, izinkanlah saya untuk menceritakan dulu makanan apakah gerangan yang saya sukain. Sebenernya saya adalah omnivora semua makanan halal (~,~), mulai dari dunia nasi hingga dunia baso. Saya seneng banget sama makanan olahan yang melibatkan daging dan ikan, seperti baso, hingga batagor. Tapi nggak menutup kemungkinan juga sih buat makan makanan lain. Dan berhubung saya muslim, saya makan semuanya, asal halalan thoyiban. Ehehe

Ini dia makanan yang skalanya enak kata saya mah..

  1. Bubur SM ceu Ami. Duh! Kangen banget sama bubur ini. Buburnya enak bin gurih. Tapi gurihnya nggak bikin eneg kok. Dulu sih waktu saya mampir ke Cimahi dan mampir, kita bakalan bisa milih buburnya mau dikasih apa aja, mulai dari telor doang, daging ayam, sampe ati ampela. Buburnya dikasih bumbu kari. Ini nih yang bikin gurih. Tapi saya ulangi, nggak bikin eneg! Malah sebaliknya, bikin Enak! Ahaha! Buburnya lembut pula. Belom lagi taburan ayam atau ati ampelanya yang banyak! Bikin buburnya jadi bukan sekedar bubur biasa. Tempatnya ada di sekitaran RS Dustira Cimahi.
  2. Bubur pak Zaenal. Ini bubur yang juga enak! Buburnya lebih padet, dan bisa dibilang susah namplok. Hehe.. tapi enak pisan. Ayam, dan taburan laennya banyak! Belom lagi ada kerupuk melinjonya. Sllrrp! Ada di Dago Atas yaaa!
  3. Batagor Cimahi. Tempatnya sih katanya ada di sekitaran Jalan Gatot Subroto (kalau nggak salah). Si mang jualannya di pinggir jalan, bikin tenda gitu. FYI, ini batagor yang paling enak yang pernah saya makan seumur hidup!
  4. Baso tahu SARI. Ini baso tahu legendaris buat saya. Baso yang katanya juga memproduksi kecap dengan merek yang sama. Yang jualan? Ada banyak.. Mulai di Jalan Sampurna, Pasteur, dan Sukajadi. Tapi hati-hati juga, ada yang ngaku2 aja. Jadi rasanya beda. Buat saya, siomaynya enak!!!
  5. Mie Baso & Mie Ayam SM Sarijadi. Dengan 7 ribu saja saya bisa makan semangkuk mie ayam dengan Baso urat super gede plus dua baso kecilnya. Sumpah! Bikin kenyang! Tapi, saran saya harus makan di tempat. Saya pernah ngebungkus dan dibawa ke rumah, tapi rasanya beda pisan! Cari deh, daerah flat Sarijadi.
  6. Batagor Pak Darto! Ahaha! Ini mah pasti banyak yang udah tau! Emang enak juga batagornya. Saya udah beli dari jaman SMA. Dan masih sering ke sana buat ngumpul sama temen-temen berkongkow. Hehe! Sekarang 1500 an. Seporsinya 6000. Dijamin kenyang lah (tapi saya mah suka nambah.. hehe). Batagornya ikan banget lah! Belom lagi ada menu lain yang juga patut dicoba, yaitu basonya yang juga enak.ehehe! Ada juga kok mie/bihun yamin, ceker kuah, sampe nasi soto (kalo ga salah). Ada di simpang Dago nih, cari aja spanduknya.. Gede kok.. Bertajuk.. BATAGOR PAK H DARTO. Hehehe..
  7. Mie Baso si Boy… Adanya di Jl. Naripan, deket Be Mall. Rasanya? Hmm.. Sambelnya enak!!! Enak pisan! Bikin istimewa deh sambelnya! Porsi biasanya 9 ribu, dan spesialnya 17 ribu. Kalo spesial tandanya babat, pangsit, baso, dan ceker komplit semua masuk mangkok pesenan. Yang biasanya 9 ribu cuman dapet baso sama pangsitnya aja. Porsinya nggak kenyang sih kalo kata saya mah.. Tapi, pangsit sama sambelnya enak!!!
  8. Ada juga baso Joko Sirod yang ngenyangin di Jl. Saad dan Karapitan. Sepuluh ribu, kau akan mendapatkan mie, baso, ceker, siomay, dan batagor. Pol kenyangnya! Saya seneng sama batagor sama siomaynya..
  9. Baso Pasar Baru.. Baso Yamin Chinese juga kaya nomer tujuh. Adanya di daerah pasar barat. Harganya lupa! Langganan saya dari TK! Ahaha! Baso, babat, pangsit, juara!!! Salah satu baso terenak yang pernah saya makan! Cuman katanya mah pindah ke daerah ujung Jl. Otista, sebelum Tegalega.
  10. Pisang Molen Mang AA. Ini dia pisang molen dahsyat! Kenapa? Rasanya itu loh.. keren pisan! Pisang sama adonan molennya sama-sama lembut dan enak pisan lah! Bikin nyaman di mulut. Nggak bikin mulut pegel ngunyah. Ada di Jl. Kopo arah ke Soreang.
  11. Batagor Pasar Burung. Sumpah! Namanya ngarang ini mah! Abis saya nggak tau nama batagornya apa. Ada di daerah pasar burung Jl. Peta! Enak hayoh! Adonan basonya di batagornya nyampurin kanji, ikan, sama daun bawang. Jadi selain wangi ikan, daun bawangnya juga kerasa banget! wahhh! Enak hayoh! Saking lakunya, harganya tuh naek cepet banget! dulu terakhir kali beli 1500an.
  12. Baso Pasar Caringin belakang. Nggak tau nih baso masih ada atau nggak. Yang jelas, dulu waktu saya beli basonya enak pisaaaan!  Bikin ketagihan! Dulu, kalau saya ke Caringin, (selain beli batagor ps. Burung) pasti mampir ke sini! Ahaha! Posisinya di belakang pasar Caringin.
  13. Baso Urat Lembang. Cocok banget buat kamu yang suka banget sama baso urat yang uratnya megang banget! bukanya sore, di jalan raya Lembang (belokan ayam Brebes). BTW, ayam Brebesnya juga enak! Ahaha!
  14. Baso Jayagiri. Lupa namanya! Tapi enak juga basonya. Tempatnya di deket belokan Jayagiri, Lembang. Ada baso cincang, urat, telor, sampe kikil. Ati ampela juga ada kalo nggak salah. Bukanya malem. Dan sering ngantri.
  15. Baso SMP 15. Yang jualan baso ini dulu sempet joinan sama keluarga. Sempet buka cabang di spot makan punya si Ayah. Jualannya malem. Basonya enak tauuu! Baso Malang gitu! Dulu jualannya di belakang plasa Telkom Sukajadi, terus pindah ke SMP 15. Jualannya malem. Harganya 6 ribu seporsi. Kalo saya sukanya pesen baso uratnya aja. Banyak teh! Mana enak lagi. Ahaha! Nyunda sekali..
  16. Baso Gepeng Lembang. Ada di deket pasar Lembang. Rumah makan gitu. Di belakang pasar ya! Daerah Kayu Ambon. Dulu mah enak. Tapi sekarang mah nggak tau.. hehe! Investigasi aja dulu sebelum beli.. ehehe
  17. Batagor pasar Lembang (blk.). Ini batagor rasanya lumayan megang. Yang jadi nilai tambahnya adalah harganya yang cuman 3000 seporsinya. Ada di belakang pasar raya Lembang. Bukanya malem juga.
  18. Batagor PH. Adanya di perumahan Pondok Hijau, Sersan Bajuri. Jualannya sore-sore. Pake roda gitu jualannya. Mulai jualannya skitar jam 3an. Dan pas Maghrib, udah abis biasanya. Hahaha! Seribuan! Enak juga! Sehari sebelum ngepost ini, saya dibeliin 25 biji, dan FYI hampir 80%-nya saya yang makan! Believe it or not! Hehe..

 

Hmmm.. sebenernya ada beberapa yang laen. Tapi cape nulisnya. Nanti deh disambung lagi. Huehehe… cape.. tapi yang parahnya mah sih, saya malah jadi laper begini. Aduhhh!

Advertisements

2 thoughts on “Kuliner Yuk!!!

  1. jadi lapeeer..
    iya tuh baso Boy enak.. tapi mahal..
    Tau Baso Bintang Avon, nggak??
    ntu juga lumayan, tapi saya mah nggak kuat ku acisna.. awis.. ^^
    Nice blog!

  2. Pami anu icalan pisang molen nu raos , disekitar lembang atanapi setiabudi . Palih mana nya?
    hatur nuhun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s